Siswa MAN 4 Aceh Utara Ikuti UAMBN-BK

oleh -103.321 views

Lhoksukon (MBA) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Utara sedang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK). UAMBN-BK untuk tingkat Mandrasah Aliyah akan berlangsung selama 3 hari, dimulai hari Senin, (09/03/2020) sampai dengan Rabu, (11/03/2020). UAMBN-BK ini terbagi menjadi tiga sesi dan dilaksanakan di Laboratorium komputer MAN 4 Aceh Utara.

Kepala MAN 4 Aceh Utara, Drs. H. Sulaiman,Rabu (11/3) mengatakan bahwa Ujian Akhir Madrasah Berbasis Nasional (UAMBN) yang sedang dilaksanakan siswa kelas XII merupakan ujian akhir madrasah bertaraf nasional dan berbasis komputer. Hal tersebut dikatakannya disela-sela kegiatan memantau pelaksanaan ujian di MAN 4 Aceh Utara.

”UAMBN-BK diikuti sebanyak 112 siswa dengan 3 mata pelajaran yang diujikan, yaitu mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, Fiqih, dan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), terdiri dari 2 program atau jurusan peminatan IPA dan IPS. Ujian ini dilaksanakan di laboratorium komputer sebanyak 3 sesi,” ungkapnya.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Sulaiman juga menambahkan bahwa akan ada ujian lanjutan nantinya yang telah dijadwalkan. Ujian tersebut dilaksanakan pada tanggal 20-26 Maret 2020 akan ada Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UAMBK). Seluruh mata pelajaran di kelas XII ini diujikan pada saat UAMBK, kecuali 3 pelajaran yang di UAMBN-kan tadi.

Lanjutnya, kemudian nanti insya Allah sesuai dengan pos dari UNBK, tanggal 30 Maret s.d 02 April 2020 akan dilanjutkan lagi dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk pelajaran bahasa Indonesia kemudian yang umumnya bahasa Inggris dan Matematika. Sedangkan untuk IPA nanti menggunakan peminatan pilihan siswa ada fisika, kimia, dan biologi. Untuk IPS, pilihannya geografi, sosiologi, dan ekonomi.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Sementara itu, Eka Saputra, S.Pd, selaku proktor UAMBN-BK di MAN 4 Aceh Utara mengatakan mengenai pelaksanaan UAMBN-BK di MAN 4 Aceh Utara.
”Syukur Alhamdulillah sudah dua hari ini tidak ada masalah dengan server ketika kegiatan ujian berlangsung. Harapan kami mudah-mudahan ujian ini dapat berjalan dengan lancar hingga selesai, tujuannya untuk evaluasi sebagai tindak lanjut dari pihak guru madrasah terhadap hasil siswa nanti. Jadi ada analisis untuk nilai-nilai, semoga nilai yang diperoleh siswa lebih baik,” harapnya.

Salah satu peserta UAMBN-BK mengungkapkan, “Meskipun ada persaan nervous untuk menghadapi ujian ini, tetapi saya sudah sangat siap untuk mengikuti ujian akhir madrasah ini. Saya juga sudah mempersiapkan ujian ini dengan mengulang pelajaran dari kelas X-XII. Saya berharap dalam ujian ini saya dapat menjawab soal-soal dan juga semoga hasil ujian ini dapat memuaskan.” Ungkap Intan Ananda peraih mendali perak KSM Nasional 2019 lalu.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Kegiatan UAMBN-BK tahun 2020 ini mendapat perhatian khususnya dari warga madrasah dan keluarga besar Kemenag. Seluruh peserta berharap semoga hasil ujian akhir madrasah ini dapat lulus dengan nilai yang memuaskan dan murni tanpa ada hambatan yang berarti dan tidak mengecewakan serta apa yang didapat selama belajar di MAN 4 Aceh Utara dapat bermanfaat. (R).