Puluhan Ibu-Ibu Ikut Pelatihan Menjahit Gampong Blang Dalam

oleh -70.321 views
Para Ibu-ibu Gampong Blang Dalam, Susoh antusias ikut pelatihan menjahit Gampong setempat

Abdya (MBA) Puluhan warga dari kalangan ibu-ibu di Gampong Blang Dalam, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat (Abdya), Provinsi Aceh, ikut dalam kegiatan pelatihan menjahit dalam program pemberdayaan perempuan Gampong setempat. Rabu, 26 Februari 2020.

Keuchik Gampong Blang Dalam, Ibnu Abbas menyebutkan, kegiatan tersebut menyahuti keinginan pemerintah daerah yang ingin Dana Desa tidak hanya digunakan untuk perbaikan infrastruktur saja, tetapi juga diperuntukan bagi pemberdayaan masyarakat.

“Untuk tahun anggran 2019 kita fokus pada pelatihan menjahit, yang diikuti oleh kaum ibu-ibu, dengan menghadirkan pelatih yang sudah cukup mahil dalam bidang menjahit,” sebut Ibnu Abbas.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Lebih lanjut disebutkannya, kegiatan pelatihan menjahit yang merupakan program pemberdayaan masyarakat bersumber dari Dana Desa tahap III tahun anggaran 2019 itu dilaksanakan selama 2 bulan penuh dengan sistim giliran perkelompok.

“Dalam kegiatan ini diikuti oleh 4 kelompok, alat semua kita sediakan, termasuk mesin jahit sebagai aset Gampong,” kata Ibnu Abbas.

Diakuinya, pihaknya bersama aparatur Gampong Blang Dalam bercita-cita agar di Gampong tersebut nantinya memiliki sebuah perusahaan konveksi sendiri sebagai usaha untuk income Gampong.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

“Karena itu kita telah menganggarkan pembelian mesin jahit, mesin Obras (mesin pinggir) mesin jahir Sirsak yang kita jadikan aset Gampong untuk kepentingan warga sesuai dengan kebutuhan,” papar Ibnu Abbas.

Sementara itu, Ketua PKK Gampong Blang Dalam, Yusrijar menyebutkan, peserta pelatihan yang merupakan anggota PKK Gampong tersebut tidak hanya belajar menjahit, tapi juga diajari cara membuat pola, menenun benang dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan jahit-menjahit.

“Peserta juga diberikan uang saku per harinya, sesuai dengan kesepakatan bersama, karena seharian berlatih, tidak bisa mencari nafkah. Jadi kita ganti uang sakunya,” kata Yusrijar.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Amatan awak media ini, dalam kegiatan yang langsung dibuka Keuchik itu turut juga dihariri Ibu Ketua PKK Gampong, Sekretaris dan Bendahara serta perangkat Gampong lainnya itu dipusatkan di Balai Gampong setempat.

Para peserta yang didominasi kaum hawa itu nampak antusias sekali menyimak dan mengikuti pemaparan dari pelatih mengenai bagaimana caranya menjahit yang benar. Mulai dari melakukan pengukuran bahan yang tepat sampai menggunakan mesin jahit dengan cara yang benar.(TM).