Pemko Sabang Lakukan Fasilitasi Teknis GDPK

oleh -65.321 views

Sabang, (ADC) – Dalam rangka mendukung tersusunnya dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDKP) di kota Sabang, agar terintegrasinya indikator-indikator dalam GDPK tersebut ke dalam RPJMD kota Sabang, Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui BKKBN provonsi Aceh dan BKKBN kota Sabang mengadakan acara” Fasilitasi Teknis GDPK untuk 5 aspek Nabupaten/Kota.

Salah satu layanan utama dari upaya pemaduan kebijakan pengendalian penduduk melalui GDPK, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Perpres 153 tahun 2014 tentang GDPK sebagai acuan kegiatan pembangunan, karena persoalan penduduk akan melibatkan seluruh sektor terkait secara terpadu dengan mengacu proyeksi pertumbuhan penduduk.

Kepala Bappeda kota Sabang Faisal Azwar, Rabu (11/03/18) usai kegiatan GDPK kepada awak media mengatakan pembangunan pada dasarnya ditujukan untuk kesejahteraan penduduk. Penduduk harus berlaku sebagai subjek dan objek pembangunan.

Di kota Sabang berdasarkan sumber BPS, jumlah penduduk terus meningkat dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2013-2017 terjadi peningkatan jumlah 1.763 jiwa. Dalam menyikapi tantangan kependudukan saat ini dan yang akan datang perlu antisipasi cerdas dan kerja keras kita semua dalam pengendalian kualitas penduduk pembangunan keluarga dan penataan administrasi kependudukan, agar dapat kita jadikan komitmen kita bersama untuk menyusun Grand Design pembangunan kependudukan daerah kota sabang, jelas Faisal Azwar.

Sementara Dekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sabang Drs Zakaria,MM dalam sambutannya mengatakan melalui GDPK nantinya dapat menjadikan acuan dalam berbagai perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan hingga terciptanya komitmen kita dari seluruh pemagku kebijakan untuk menjadikan data dan informasi kependudukan sebagai input dan dasar penetapan sasaran perencanaan pembangunan baik dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) maupun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadi prioritas dengan mensinkronkan indikator- indikator kedalam dokumen GDPK., katanya.

Diharapankan kepada jajaran pemerintah daerah dan mitra kerja lintas sektor agar serius dalam mendiskusikan penyusunan GDPK yang disampaikan oleh narasumber sehingga dokumen ini menjadi sempurna., harap Sekdako.

Acara Fasilitasi Teknis Penyusunan GDPK 5 aspek Kabupaten/Kota di aula kantor Bappeda kota Sabang Sekdako Drs. Zakaria, MM didampingi Kepala Bappeda Kota Sabang, Kepala dinas kesehatan dan KB, Para Narasumber, dan Mitra kerja Lintas lintas sektor.(Jalal)