Makam Raja Kerajaan Darul Kamal di Biluy Bukan Seperti Makam Raja

oleh -122.321 views

Banda Aceh (maubilangapa)-Makam raja-raja Darul Kamal seperti cagar yang terlupakan. Padahal itu salah satu situs peninggalan kerajaan Aceh.

Pantauan maubilangapa.com, Jum’at, 6Oktober 201, kondisi makam Raja Darul Kamal yang terletak di wilayah Kabupaten Aceh Besar tepatnya di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar seperti bukn sebuah makam raja.

Merujuk kepada sejarah, Kerajaan Aceh lahir dari penggabungan dua buah kota pemukiman besar di Aceh Besar. Hal ini ditulis dalam Hikayat Aceh, halaman 72. Kedua kota pemukiman ini yaitu Meukuta Alam dan Darul Kamal. Kedua kota ini, berdasarkan hikayat tersebut dipisahkan oleh satu aliran sungai.

”Mada ada ngantarai daripada dua raja itu suatu sungai. Setengah kepada raja Makota Alam, setengah kepada raja Dar ul-Kamal,” tulis hikayat tersebut.

Kedua penguasa pemukiman selanjutnya mengawinkan anak mereka sebagai tonggak dasar penggabungan wilayah. Perkawinan itu berujung pada perluasan kedua kawasan yang kemudian dipimpin oleh seorang raja dari Meukuta Alam. Dua kerajaan yang bergabung ini kemudian dinamakan dengan Aceh Darussalam.  Sayangnya tidak ada catatan sama sekali mengenai tanggal pasti penggabungan dua wilayah ini.

“Sebagai warisan atau cagar budaya yang merupakan situs sangat penting dalam perjalanan sejarah Aceh mestinya pemerintah daerah khususnya Pemkab Aceh Besar dibawah Dinas Pariwisata melestarikan kembali objek ini sebagai tempat wisata Islami dengan menyediakan tempat atau balai peristirahatan, mushalla, MCK dan pagar keliling sehingga fasilitas ini benar terjaga dan terawat,” ujar masyarakat setempat, Husaini.

Husaini juga mengemukakan bahwa apabila pemugaran telah dilakukan pihak terkait bisa melakukan promosi wisata terhadap objek tersebut sehigga wisatawan dalam dan luar daerah bisa mengunjungi situs sejarah ini serta bisa menjadi icon wisata di Aceh Besar yang selama ini kurang diminati dikarenakan masyarakat kurang mengenal latar belakang Kerajaan Darul Kamal. (Darwin K)

No More Posts Available.

No more pages to load.