LPM dan IPDN Laksanakan Pendampingan Masyarakat Perbatasan di Sabang

oleh -118.321 views

Sabang (ADC) – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) dan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), melaksanakan kegiatan pengabdian perbatasan Kamis (19/04/18) di Sabang. Pada kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Drs. Zakaria, MM ikut di hadiri Forkompimda, narasumber Prof. Muchlis Hamid, MPA,Phd, prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA, Dr. Bayi Priono, SH, MM para dosen pendamping, Camat, para Keucik Gampong danTuha Peut.

Gubernur IPDN Dr. Bayu Priono, SH, MM, dalam sambutannya mengatakan IPDN sebagai lembaga pendidikan tertinggi kepamongprajaan disamping berperan mendidik kader kader pemerintah juga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai pembekalan dan wawasan kepada pelaku pemerintah di daerah tentang berbagai konsep dan praktek pemerintah yang terkini sesuai dengan perkembangan pemerintahan dalam bentuk pendampingan bagi masyarakat itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ditambahkan, berdasarkan hasil kunjungan awal (ekspose) pada tanggal 21 Februari 2018 lalu saat presentasi pelaksanaan kegiatan pada jajaran pemerintah Kota Sabang yang bertema “Materi pendampingan tersebut bersumber dari hasil penelitian dosen dan praja IPDN yang memiliki nilai kemanfaatan bagi masyarakat karena telah disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan masyarakat setempat,” katanya.

Dijelaskan, program pendampingan juga dijadikan sebagai sarana bagi pihaknya untuk mendapatkan masukan dalam merumuskan konsep baru tentang manajemen pemerintahan yang relevan berdasarkan temuan di lapangan.dengan sejumlah materi mengenai pemberdayaan masyarakat, konsep pertahanan dan adat nagari, serta pencegahan korupsi, dan pendampingan masyarakat.

“Kami mengharapkan, materi-materi yang diprogramkan dalam kegiatan ini dapat memberi nilai tambah bagi penataan manajemen pemerintahan hingga ke tingkat gampong diseluruh Kota Sabang,” jelasnya

Sementara itu Wali Kota Sabang yang diwakili Sekda Drs. Zakaria, MM mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, menyambut baik dan terima kasih kepada tim pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat perbatasan yang telah menunjuk Kota Sabang, yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Kota Sabang salah satu pulau yang terletak diujung terluar dan merupakan pintu gerbang wilayah indonesia yang terdiri dari 2 Jecamatan dan 18 Gampong.

Secara geopolitis, Kota Sabang sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan negara-negara lain seperti dengan India, Malaysia dan Thailand serta merupakan alur pelayaran Internasional bagi kapal-kapal yang akan masuk dan keluar wilayah Indonesia dari arah barat.

Kota Sabang juga telah ditetapkan pemerintah pusat dengan penetapan berdasarkan Undang-Undang No.37 Tahun 2000 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, meskipun siniregulasi belum berjalan dengan sempurna.

Kini telah menjelma menjadi destinasi wisata bahari indonesia gugusan pulau-pulau yang ada di Kota Sabang merupakan peluang investasi bagi pengembang bidang pariwisata.

“Harapan kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sabang kegiatan pendampingan pengabdian masyarakat perbatasan ini dapat membatu masyarakat dalam membangun dan memberdayakan masyarakat ke arah lebih baik,” tutupnya.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan kerja sama antara  IPDN dengan Pemko Sabang yang di tandatanggani Guru besar IPDN, Muchlis Hamid, MPA,Phd, dan Sekda Kota Sabang Drs. Zakaria. MM. (Jalal)

No More Posts Available.

No more pages to load.