Lanal Sabang Laksanakan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Bagi SLTA Sederajat

oleh -111.321 views

SABANG (MBA) – Pada Senin 9 Maret 2020 di Gedung Gelora Wijaya Kusuma Lanal Sabang melaksanakan kegiatan Pembekalan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Tingkat Pendidikan SLTA Sederajat Se-Kota Sabang, yang dihadiri Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E. M.Tr. Hanla, Letkol Laut (KH) Bambang Sulistiyono S.H. M.H, Dandenpomal Lanal Sabang, Mayor Laut (PM)Choirul Luqman, S.S, Paspotmar Lanal Sabang, Kapten Laut (K) dr. Eko Tjandra, Ketua Harian Koni Kota Sabang, H.M. Isa, Kabid Idiologi Kebangsaan Badan Kesbangpol Kota Sabang Safari dan Perwakilan SMAN I Sabang Tuti Faridah

Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (KH) Bambang Sulistyono, SH. MH dalam materinya yang diberi nama ‘Melalui Bela Negara dan Pengamalan Pancasila Mendukung Pertahanan Negara Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI’ menyampaikan, bahwa kita dapat mengenali jati diri bangsa dengan menanamkan wawasan Kebangsaan Nusantara pengamalan nilai-nilai Pancasila untuk jasa sebagai Bela Negara dan Pengamalan Pancasila.

Hal itu seperti yang terdapat pada alinea keberapa alinea dengan cita-cita Merdeka Bersatu Berdaulat Adil dan Makmur dikemas untuk di dalam suatu Peta Negara dan Ketahanan Nasional, dari ancaman berasal dari dalam dan luar negeri. Militer atau Agresi Militer adalah keselamatan umum Teknologi dan Legislasi sejarah lahirnya kolonisme radikalisme yang saat ini sedang marak-maraknya agar, adik-adik siswa jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi negara Republik Indonesia. Kemudian tentang radikalisme dan separatisme itu merupakan ancaman termasuk bencana alam dan wabah penyakit seperti yang kini sedang marak yaitu wabah virus Corona.

Kita harus bisa menghindari
potensi konflik terbuka dan konvensional kepentingan nasional, untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah dan menjadikan kehidupan bangsa. Jangan lupa itu dasar kepentingan nasional tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

Tujuan nasional yang berkelanjutan guna mewujudkan tujuan dan tugas nasional tujuan nasional dengan tiga kaitan pokok yaitu tata kehidupan masyarakat pencapaian tujuan nasional dan sarana yang digunakan. Sedangkan hakikat pertahanan negara dan sistem pertahanan negara dalam pertahanan dan keamanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara wilayah dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah yang diselesaikan secara total terpadu dan berlanjut untuk menjaga melindungi kedaulatan negara keutuhan wilayah NKRI.

Keselamatan segenap bangsa pada hakekatnya adalah seluruh sistem pertahanan negara diserahkan dalam sistem pertahanan keamanan rakyat semesta kepada seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional sarana prasarana jurnal serta seluruh wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan yang utuh dan menyeluruh dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makanya dipersiapkan secara dini oleh pemerintah serta disahkan secara total dapat terarah dan berlanjut bercirikan kerakyatan kesemestaan dan kewilayahan, untuk mewujudkan dan mempertahankan seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan yang mampu melindungi kedaulatan negara keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman baik yang datang dari luar negeri maupun yang timbul dari dalam negeri.

Komponen cadangan adalah berbentuk bisa nanti di apa di ajari tentang perang dan bagaimana menemukan singkatan serta bagaimana sistem pertahanan penduduk pendukung dalam masyarakat usaha-usaha kertanegara yang dilaksanakan secara militer dan non militer untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang sudah bergabung prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pertahanan negara pendorong terciptanya perdamaian keamanan stabilitas dan pergaulan dunia melalui politik luar negeri yang bebas dan aktif asas demokrasi yang mengutamakan persaudaraan dan kebersamaan dari pihak sekolah.