HUT GAM, PPKPA Bentang Bendera Bulan Bintang di Ibukota Aceh Jaya

oleh -68.321 views
Foto : Bagian dari rangkaian kegiatan upacara Milad AM Ke 41 di Kantor DPW PA Aceh Jaya oleh PPKPA.. [Foto: Ist]

Calang (ADC) -Milad (HUT) GAM ke 41 dirayakan meriah oleh Satuan Tugas Putra Putri Komite Peralihan Aceh ( PPKPA ) Aceh Jaya, Senin, 4 Desember 2017. Selain acara membentang Bendera Bulan Bintang, mereka juga menggelar upacara memperingati Milad Aceh Merdeka Ke 41 di pusat ibukota Calang dengan kegiatan lainnya..

Ketua PPKPA Aceh Jaya Azis Muhajir saat dihubungi media ini membenarkan pihaknya baru saja siap melaksanakan upacara Milad AM Ke 41 di Kantor DPW PA Aceh Jaya.

“Benar, kami baru saja melaksanakan upacara Milad GAM ke 41”, ujarnya 

Menurutnya 4 Desember adalah hari bersejarah bagi rakyat Aceh, dimana saat itu gong perlawanan terhadap republik digaungkan oleh Hasan Tiro. 

Ia menuturkan, upacara yang dilakukan pihaknya tersebut juga sebagai dukungan politik agar pemerintah pusat ikhlas terhadap bendera Aceh.

Ia menjelaskan, secara hukum bendera bulan bintang tersebut sudah bisa dikibarkan karena sudah sah sebagai bendera Aceh.

“Undang undang tidak mengenal Cooling down. Kalau alasannya terkait keamanan. Menurut saya, ini lucu. Saya mempertanyakan keamanan yang seperti apa?”, tanya Azis.

Ia menceritakan, Dulu Republik Indonesia dengan tanpa perang bisa mengambil Aceh menjadi wilayah kekuasaannya. Dan Aceh ikhlas bergabung karena atas dasar islam.

“Masih ingat ketika Sukarno menangis di bumi Serambi mekkah?”, kenang Azis

Wakil presiden Yusuf Kalla pernah mengatakan, jika Aceh itu berperang karena haknya tidak diberikan, tidak ada kesejahteraan, padahal Aceh memiliki kekayaan alam yang melimpah. 

“Sudah cukup Aceh dipermainkan secara politik, pemerintah pusat harus berbaik hati untuk memberikan segala kewenangan Aceh yang sudah disepakati bersama dalam nota kesepahaman Mou Helsinki”, tutup Azis. (***)

Foto : Bagian dari rangkaian kegiatan upacara Milad AM Ke 41 di Kantor DPW PA Aceh Jaya oleh PPKPA.