Gubernur Aceh Ajak Investor Turki Tanamkan Modal di Sabang

oleh -71.321 views

Sabang (ADC) – Gubernur Aceh Drh.Irwandi Yusuf, bersama koleganya Mehmed Emin Hitay asal negara Turki, mengunjungi Sabang Selasa (03/04/18). Kunjungan rombongan gubernur itu, didampingi kepala BPKS DR.Drs.Sayid Fadhil,SH,M.Hum beserta para Deputinya.

Kunjungan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, dengan membawa investor asing itu, merupakan kunjungan perdananya sejak dilantik manajemen Badan Pegusahaan Kawasan Sabang (BPKS) bulan lalu.

Ini membuktikan bahwa manajemen BPKS yang baru dipimpin DR.Drs.Sayid Fadhil SH.M.Hum, berhasil rangkul Investor untuk berinvestasi di Sabang.

Dalam kunjungan kerjanya Irwandi Yusuf, selain membawa investor ternnama Mehmed Emin Hitay, asal Turki juga ikutserta kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Iskandar beserta Walikota Sabang, Nazaruddin.

Rombongan ke Sabang mengunjungi beberapa lokasi pembangun seperti ke lokasi pengeboran proyek listrik panas bumi Giotermal di Desa Jaboi Kecamatan Sukajaya Sabang.

Usai melihat langsung proyek listrik panas bumi Geotermal gunung berapi Jaboi, rombongan selanjutnya mengunjungi kantor pusat BPKS dijalan T Panglima Polem Gampong Kuta Barat Sabang.

Kepala BPKS DR.Drs.Sayid Fadhil,SH,M.Hum, usai menerima rombongan Gubernur kepada media ini menjelaskan, BPKS akan membantu penuh apa saja program investasi yang nantinya akan dilaksanakan di Sabang.

Seluruh dukungan baik bidang industri seperti Industri Perikanan, Listrik Geotermal, dan Pariwisata atau pun bidang lainya yang kiranya saling menguntungkan.

“BPKS sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang Investasi dan pelabuhan Bebas, tentunya BPKS akan membantu apapun yang di butuhkan Investor baik terkait lahan maupun lokasi dan proses perizinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Sayid Fadhil.

Gubernur Irwandi Yusuf, sesekali memberikan penuatan terhadapa apa yang dijelaskan Sayid Fadhil, didampingi Walikota Sabang Nazaruddin, Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal, Deputi Umum DR. Muslem Daud serta Deputi Tekbang Ir Fauzi Umar, MM kepada tamunya dari Turki.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berkomitmen untuk memudahkan Investor disektor perizinan sejauh hal tersebut dapat menguntungkan masyarakat Sabang dan Aceh pada umumnya, serta juga investor itu sendiri.

“Pemerintah Aceh berkewajiban dan tanggung jawab untuk memudahkan investor masuk ke Aceh, terlebih mamfaat nya juga akan dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah Aceh berkomitment untuk tidak mempersulit para investor yang akan menanamkan modalnya di Aceh,” tegas Irwandi Yusuf yang di dampingi Iskandar Kepala dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu satu pintu provinsi Aceh.

Setelah melakukan pertemuan di Kantor BPKS, rombongan meninjau sejumlah lokasi wisata yang ada Sabang, dimana Sabang merupakan kawasan tujuan terbaik yang ada diujung pulau Sumatera.(Jalal).