Entaskan Buta Aksara, Pertamina EP Gagas Program Baca Tulis di Losarang

oleh -94.321 views
Entaskan Buta Aksara, Pertamina EP Gagas Program Baca Tulis di Losarang
Entaskan Buta Aksara, Pertamina EP Gagas Program Baca Tulis di Losarang

INDRAMAYU (MBA) – Program baca tulis untuk masyarakat tuna aksara di Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, merupakan kegiatan yang diinisiasi berdasarkan kondisi aktual untuk memenuhi kebutuhan di lapangan dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat wilayah ring 1 yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP melalui Asset 3 Jatibarang Field.

Seperti dirilis maubilangapa.com, Kamis, 5 Maret 2020 bahwa; Kelompok wanita usia produktif di Losarang yang umumnya berprofesi sebagai pelaku usaha emping tike didominasi dengan tingkat Pendidikan SD. Meskipun Desa Jumbleng sudah terlepas dari status desa tertinggal secara administratif, tingginya persentase masyarakat tuna aksara masih mengindikasikan ketertinggalan desa dari sisi sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga :

Coffee Elegan “de Sagoe Kuphie” Sabang Resmi Dibuka

Perempatfinal Piala FA: Leicester Tantang Chelsea, Man City Jumpa Newcastle

Program baca tulis ini dilaksanakan pertama kali pada 8 Juli 2019. Kegiatan dilaksanakan satu kali setiap minggunya dengan durasi 2 jam setiap pertemuan bertempat di Sekretariat Kuppas Bestari, mitra binaan PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field di blok Jangga Tua, Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Program ini mulanya mengalami penolakan karena masyarakat enggan serta takut untuk melakukan kegiatan baca tulis. Namun lambat laun masyarakat menerima karena program ini dikemas dengan praktis, ringan, dan menarik dengan mengadopsi sistem kegiatan belajar mengajar yang diaplikasikan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) serta diberikan apresiasi berupa doorprize berupa sabun cuci, detergen, dan lain sebagainya untuk memotivasi semangat belajar yang masih rendah.