Darwati Agani dan Ibu Bupati Hadiri Khanduri Apam di Busu

oleh -100.321 views

MEUREUDU (MBA) – Majlis Pengajian Muslimah Kemukiman Busu (MPMKB) mengadakan kenduri apam di kantor desa Busu Lingkok, Kecamatan Meureudu, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. Minggu 08 Maret 2020.

Ketua panitia pelaksana Nazariah S.Pd, M.Si, mengatakan, acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh anggota majlis pengajian muslimah kemukiman busu, beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota majlis yang sudah menyumbangkan dana, pikiran, dan tenaga, sehingga terlaksananya acara ini, beliau mengajak untuk kedepannya acara ini dilaksanakan lebih meriah sekali.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Disamping itu Imum Mukim Busu Tgk Abdul Wahid sangat mendukung acara ini, karena dengan adanya pengajian bisa mempererat silaturahmi, membangun kesatuan dan persaudaraan, beliau berharap supaya kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

Buleun Apam adalah salah satu dari nama-nama bulan dalam “Almanak Aceh” yang setara dengan bulan Rajab dalam Kalender Hijriah. Buleun artinya bulan dan Apam adalah sejenis makanan yang mirip serabi.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Kenduri apam yang diadakan oleh majlis pengajian muslimah kemukiman busu dihadiri oleh IBU Wakil Bupati Pidie WIKAN HARTATI, dan Ibu Darwati selaku perwakilan dari provinsi, Ibu Ibu DPRA Aceh, Pak Mukim, Pak Keusyik, tuha Peut, ketua pemuda, dan tamu tamu Undangan lainnya.

Aceh yang disebut dengan kenduri apam adalah salah satu dari nama nama bulan dalam A”lmanak Aceh” yang setara dengan bulan Rajab dalam kelender hijriah.

BACA JUGA COY.  Prediksi Pertandingan Atletico Madrid vs Eibar - 18 April 2021

Acara teut apam ini menjadi tradisi bagi masyarakat Aceh untuk mengadakan Khanduri Apam pada buleun Rajab, Kegiatan toet apam (memasak apam) dilakukan oleh kaum ibu ibu dikemukiman busu.

Pertama sekali yang harus dilakukan untuk memasak apam adalah top teupong breuh bit (menumbuk tepung dari beras nasi). Tepung tersebut lalu dicampur santan kelapa dalam sebuah beulangong raya (periuk besar).