Citra Jet-03 Ditenggelamkan, Oknum di BPKS Diminta Bertanggungjawab

oleh -79.321 views
Sabang (ADC) – Kapal Cepat MV Citra Jet-03 yang tenggelam setelah dipindahkan (tarik paksa) oleh petugas pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), pada saat hendak dilaksanakan kegiatan Sail Sabang akhir 2017 silam, di Gampong (Desa) Kreung Raya Kecamatan Sukakarya Sabang kapal tersebut selain mengganggu aktifitas masyarakat nelayan setempat dan juga sempat mencemari perairan laut sekitarnya akibat tumpahan minyak dan oil.
 
Kapal cepat MV Citra Jet-03 sebelum tenggelam beroperasi melayani pelayaran Balohan Sabang-Ule Lheu Banda Aceh, namun beberapa tahun terakhir kapal yang harganya belasan miliyar itu, mengalami kerusakan dan bersandar di dermaga pelabuhan BPKS. Tidak diketahui siapa yang memerintahkan sehingga pihak petugas pelabuhan lembaga tersebut memindahkan secara paksa ke teluk Gampong Kreung Raya dan tenggelam disana.
 
Sejumlah masyarakat nelayan Gampong Kreung Raya mengeluh dan meminta BPKS, untuk bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal cepat MV Citra Jet-03 tersebut. Mereka menilai pihak pelabuhan BPKS terkesan sengaja membuang kapal yang sudah lama tidak beroperasi itu di kawasan aktifitas masyarakat nelayan Gampong Kreungf Raya.
 
Keuchik (Lurah) Gampong Kreung Raya Adlan kepada wartawan Senin lalu mengatakan, bahwa masyarakatnya tidak menerima perlakuan petugas pelabuhan BPKS, yang dinilai sengaja menempatkan kapal MV Citra Jet-03 hingga tenggelam di kawasan aktifitas masyarakat nelayan daerah itu. Bahkan, akibat ada bangkai kapal tersebut kini nelayan sangat terganggu.
 
“Saat baru-baru kapal MV Citrea Jet-03 itu tenggelam laut sekitar teluk Gampong Kreung Raya, Pulau Klah dan Priya Laot tercemar akibat tumpahan minyak solar dan oil, akibatnya masyarakat nelayan mengalami kerugian besar beberapa waktu. Untuk itu, kita minta kepada BPKS bertanggung jawab dan tidak membiarkan bangkai kapal berada disitu”., pintanya.
 
Adlan juga mengatakan bahwasanya BPKS akan mengangkat kapal MV Citra Jet-03 itu kedaratan, bahkan tambah Lurah yang baru menjabat di tahun 2017 ini dikabarkan BPKS telah melakukan tender untuk menarik kembali kapal yang tenggelam tersebut ke darat.
 
Seperti diberitakan sejumlah media sebelumnya petugas Syahbandar (KSOP) Sabang Heru Kurniawan menerangkan, sejak tahun 2014 kapal MV Citra Jet-03tidak beroperasi dikarenakan  kondisi rusak berat, dan disandarkan di pelabuhan CT-1 BPKS Sabang. Bahkan menurut Heru, pemiliknya Anton menanyakan tentang tenggelamnya kapal miliknya.
 
Kapal tersebut ditarik oknum pejabat pelabuhan BPKS  saat hendak pelaksanaan Event Sail Sabang akhir 2017, kapal itu dipindahkan/lego jangkar diperairan, Gampong Krueng Raya, pada tanggal 25 November tahun lalu. Pemindahan Kapal MV. Citra Jet-03 agar tidak menggangu lalu lintas perairan di lokasi puncak Sail Sabang. 
 
Kini bangkai kapal MV. Citra Jet-03 yang tenggelam tersebut berada pada titik koordinat : 05° 52. 169′ N 095° 18.611° E. Dan ketika air laut surut kapal berwarna putih itu terlihat dari permukaan air. Sayangnya, meskipun kapal tersebut dipindahkan tanpa sepengetahuan pemilik dan sempat menumpahkan minyak dan oil, namun tidak ada pejabat BPKS yang berhadapan dengan hukum.(Jalal).

No More Posts Available.

No more pages to load.