Bupati Simeulue Pimpin Apel Perdana bersama Kecamatan dan Desa

oleh -104.321 views

Simeulue (Atjeh Daily)-Digelarnya apel perdana Senin, 6/11/2017 yang berpusat di halaman kantor Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulueu bertujuan untuk meningkatkan disiplin bagi aparatur pemerintahan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Tidak hanya itu disisi lain, juga bertujuan meningkatkan tali silahturahmi, sehingga dengan hal itu dapat terjalin keharmonisan baik antara pimpinan dan bawahan maupun antara kecamatan dan desa serta terkait lainnya.

Apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Bupati Simeulue Erli Hasyim, SH. S.Ag. M.I.Kom, diprakarsai oleh Kecamatan Simeulue Timur denganPeserta apel jajaran aparatur kecamatan kepala mukim, sekim, kepala desa, sekdes dan aparat desa/ kasi kaur dan kepala dusun, ketua BPD dan anggota, pendamping desa, para babinsa.

Adapun undangan apel BupatiSimeulue asisten 1, kadis capil, kadis sosial, kepala inspektorat, mupika/ kapolsek dan ramil dan kapus simtim semua berjalan lancar, tertib sesuai yg diharapkan.

Pada Kesempatan itu, Bupati Simeulue meyampaikan kepada seluruh perangkat Desa agar melaksanaka tugas dan tanggung jawab tepat waktu, memenuhi jam kerja sekurang kurangnya 8 jam kerja dalam operasional pelayanan publik di kantor Desa dan Instansi atau organisasi yang dibawahinya.

Lebih lanjut, hal ini belum termasuk pelayanan diluar jam kerja, apabila dalam lingkungan Sosial kemasyarakatan memerlukan Kepala Desa atau perangkat Desa lainnya pada kondisi tertentu diharapkan juga dapat melayani dengan baik.

” Karena kita telah diberikan penghasilan tetap (Siltap), bukan secara kebetulan Masyarakat memilih saudara – saudara sebagai Kepala Desa karena mereka memiliki harapan bahwa saudara – saudara dapat membawa perubahan di Desa – desa masing – masing,” Ujar Erli Hasim.

Kemudian dipenghujung sabutannya, beliau juga berharap agar penegakan pemerintah dan pelayanan kepada Masyarakat, dapat memperhatikan aspek Akuntanbilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti Korupsi.

Secara terpisah Camat Simeulue Timur Dodi Juliardi Bas, S.STP, MM kepada Atjeh Daily.Com saat dikonfirmasi mengatakan apel gabungan tersebut dilaksanakan atas inisiatif dari Kecamatan setelah mendapat pesetujuan dari pimpinan.

Maka dengan hal itu, Dodi mengharapkan agar mendapat dukungan penuh dari pimpinan terhadap penerapan disiplin dan pembinaan, pengawasan serta evaluasi terhadap aparatur pemerintahan baik kecamatan, mukim dan desa sehingga terwujud pelayanan dan peningkatan perekinomian masyarakat di masing masing desa dapat membaik dan meningkat.

Begitupun mengenai keagamaan sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Simeulue Menuju Sejahtera. demikian juga sebaliknya terhadap aparatur pemerintahan kecamatan, mukim dan desa serta pihak terkait dapat betul betul mendukung program dan kegiatan yang sedang kita laksanakan, terangnya.

Terkait Dengan apel perdana, Mardian Kepala Desa Air Dingin kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue mengatakan, para Kepala Desa dalam Kecamatan Simeulue Timur menyambut baik dan berterima kasih karena selain membentuk kedisiplinan dalam jabatan sebagai aparatur pemerintahan Desa juga dapat memberikan kesan positif terutama menjalin silaturahim antara Pegawai Jajaran Kecamatan, Aparatur Desa dan para BPD, hingga dalam waktu sesingkat itu dapat saling mengenal dan bertatap muka.

Usai apel Pagi dilanjutkan dengan Kopi Morning yang sudah disediakan oleh staf Kantor Camat Simeulue Timur untuk lebih menambah keakraban sesama jajaran, dan yang terakhir seluruh Aparat Desa mulai dari Kepala Desa, Kaur dan Kasie beserta seluruh BPD diarahkan oleh Bapak Sekcam Simeulue Timur untuk memasuki Aula Kantor Camat guna untuk mendengarkan yang lebih lanjut saran dari Bupati Simeulue.

Ada berbagai hal yang disampaikan oleh Bapak Bupati Simeulue saat kopi morning mulai dari kedisipilinan jam kerja Kantor, keseriusan pelayanan terhadap publik hal ini mengingat masih ada dibeberapa desa yang belum maksimal buka jam kantor Desa.

Untuk ke depan, kepada para BPD dalam wilayah Kecamatan Simeulue Timur harus mengaktifkan Kantornya, sampai kepada tata cara pengelolaan Dana Desa agar setiap Desa dalam wilayah Kecamatan Simeulue dapat mengelola dengan baik mengikuti aturan, tidak mengutamakan kepentingan keluarga, pribadi, atau golongan tertentu tapi lebih mengutamakan kepentingan masyarakat berdasarkan azas manfaat.

Kemudia saran lain, mengenai pengolaan Dana Desa ditegaskan tidak mengambil kebijakan tersendiri tanpa ada musyawarah yang akhirnya bisa berurusan dengan hukum, saran Herli.

Selain Arahan Bupati Simeulue juga ada arahan dari Kadisdukcapil Simeulue menyampaikan menyangkut dengan data dari setiap desa yang selama ini masih ada yg kurang akurat, sering ditemukan kejanggalan tanggal lagir seorang ibu lebih muda dari anaknya atau tidak terlalu jauh selisih usia ibu dengan anak, maka dengan hal itu diharapkan agar ke depan kepada Aparatur Desa lebih berhati-hati dan teliti dalam hal administrasi surat menyurat.

Ada sisi menarik ditahun ini yakni ada sebuah penekanan dari Sekcam Simeulue Timur. Ali Muhayatsyah kepada aparatur Desa harus selalu sholat berjama’ah dan kepada Kepala Desa untuk melakukan pengecekan terhadap aparat yang tidak melaksanakan Sholat wajib 5 waktu.
Mohd. Azis/mul

No More Posts Available.

No more pages to load.