Beritakan Proyek Bermasalah, Wartawan di Aceh Jaya Diteror Penelpon Gelap

oleh -70.321 views

Calang (ADC)- Terkait pemberitaan “Kontrak Diputuskan, Proyek Stadion Mini Calang Sarat Masalah”,  Nasri Saputra, seorang wartawan yang bertugas di Aceh Jaya mendapat teror dari seseorang yang belum.diketahui identitasnya.

Peneror itu mencoba mengintervensi terhadap peliputan jurnalistik yang dilakukan oleh wartawan tersebut terkait dokumen penting yang dimiliki sang wartawan.

Via telefon selular, Sabtu (5/1/2018) sekira pukul 12.26 WIB, Dengan Nomor 08137502xxxx, penelfon mempertanyakan darimana wartawan memperoleh informasi terkait adanya kwtansi – kwtansi yang dituliskan dalam berita.

“Sumber jih dari panee, bek ka peu èk peu èk berita dikah, kè ķe keunoeng hana meupeu pre ( sumbernya darimana, jangan kamu naik – naikkan berita, saya saya kenak ). Nyoe ka teupok ķè ngon kah, kè kupeugah ju, hana meupeu kah kajak online yang koen – koen, hana meupeu keunoeng bupati kah”, ujar Nasri mengutip suara penelfon yang dinilainya bersuara keras.

Meski wartawan sudah menjelaskan terkait tulisan kwatansi yang dituliskan dalam berita yang judulnya tersebut diatas, wartawan memiliki sumber yang layak dipercaya meskipun tidak dituliskan namanya demi melindungi sumber dan hal itu sesuai kode etik jurnalirtik.

Kisah Nasri, pria misterius itu makin menjadi jadi padahal dia sudah menjelaskan jika ada yang merasa keberatan dengan berita yang telah dipublis tersebut silakan memberikan klarifikasi dan hak jawab, namun si penelfon terus mendesak dengan suara yang agak lebih mengeras.

“Kwtansi dari soe, ka beutoi kah na sumber, tapi Kwtansi dari soe ku tanyoeng bak kah. Kah bek ka peuget berita yang koen – koen beh, ku pegah ju kè bak kah”, kisah Nasri lagi menguraikan prilaku si penelfon yang makin emosi dan mengintervensi posisi wartawan.

Terkait hal ini, Nasri Saputra selaku wartawan merasa aneh dengan perilaku si pria misterius itu.

“Apa kapasitas dan tujuan apa sipenelfon mencoba mengintervensi kegiatan peliputan jurnalistik,” tanya Nasri keheranan. (Tim).