Antisipasi Kecelakaan di Jalan Raya Polres Sabang Gelar Razia Kepatuhan Berkendaraan

oleh -58.321 views

Sabang (MBA) – Akibat meningkatnya angka kecelakaan lalulintas di jalan raya Kepolisian Resort (Polres) Sabang, Rabu (08/01/20) mulai melakukan razia kendaraan guna memberi kenyamanan bagi pengguna jalan raya, sekaligus menekankan angka kecelakaan.

Dalam razia hari pertama di awal tahun 2020 itu, puluhan unit kendaraan roda dua terjaring razia yang digelar depan Mapolres Sabang. Pihak Polisi Satuan Lalulintas (Satlantas) tersebut, berhasil menindak pelanggaran yang umumnya para pengendara tidak menggunakan helm.

Kapolres Sabang AKBP Muhammaddun SH, melalui Kasat Lantas AKP Iswandi kepada awak media mengatakan, pelaksanaan razia tersebut bertujuan untuk menekankan kecelakaan di jalan raya wilayah hukum Polres Sabang., kata AKP Iswandi.

AKP Iswandi menjelaskan, tingkat kecelakaan lalulintas di Sabang tahun 2018 lalu sebanyak 13 Laporan Polisi (LP) sedangkan pada tahun 2019 meningkat menjadi 38 LP, maka berdasar hal itu lah satuan lalulintas Polres Sabang, melakukan razia diawal tahun 2020 ini.

“Tahun 2018 lalu hanya 13 laporan polisi tentang kasus kecelakaan lalulintas, kemudian tahun 2019 meningkat drastis menjadi 38 kasus kecelakaan lalulintas, maka kami harus melakukan razia untuk memberi kenyamanan bagi pengguna jalan raya”, jelas AKP Iswandi.

Menurut AKP Iswamdi, dari hasil analisa dan pengamatan di lapangan melalui Operasi Lilin Rencong 2019 lalu, pada jelang tahun baru 2020 terdapat peningkatan kecelakaan lalulintas, terutama kasus kecelakaan kendaraan roda dua.

Untuk itu diharapkan, dengan digelarnya razia itu kiranya, menyadarkan pengedara dalam berlalulintas. Kepada orang tua diminta supaya dapat menjaga anak yang dibawah umur untuk tidak membiarkan anaknya mengendara sepeda motor., pintanya.

Diterangkan juga, kecelakaan yang kerap terjadi di wilayah hukum Polres Sabang, adalah kecelakaan tunggal bahkan lanjut AKP Iswandi, didominasi para wisatawan baik turis asing maupun wisatawan lokal. Kecelakaan tersebut, akibat tidak memahami kondisi jalan di Sabang, dan pengendaranya kebanyakan tidak memamai helm.

“Meningkatnya angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Sabang, dikarenakan kondisi jalan yang memiliki tanjakan dan turunan tajam. Selain itu, yang lainnya tidak menguasai kondisi jalan di Sabang. Terutama, bagi wisatawan yang kerap mengalaminya”, terang Kasat Lantas.(Jalal).