Abu Bakar Ba’asyir Segera Bebas, Polri Dan BNPT Lakukan Ini Bersama

oleh -1.146.321 views
abu_bakar

MBA – (JAKARTA) Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir bakal menghirup udara bebas pada 8 Januari nanti setelah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Polri pun memastikan bakal memantau aktivitas Abu Bakar Ba’asyir setelah bebas dari penjara. Tak hanya itu, Polri juga akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk program deradikalisasi terhadap Abu Bakar.

“Terkait upaya deradikalisasi, yang jelas Polri menghormati BNPT melaksanakan tugasnya dan Polri tetap mengambil peran di situ bersama BNPT,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat (Karopenmas Divhumas) Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa (5/1).

Jenderal dengan pangkat bintang satu di pundak itu menuturkan, Polri tak pernah memandang sebelah mata atau menyepelekan narapidana kasus terorisme yang bebas, meski selama dihukum Abu Bakar selalu bersikap baik.

“Prinsip kerja Polri adalah tidak boleh underestimate, situasi apa pun akan dinilai, diidentifikasi, dan diprediksi terkait hal-hal yang mungkin akan muncul,” tambah Rusdi.

Seperti diketahui, pada tahun 20211 lalu, Abu Bakar Ba’asyir di sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dengan vonis hukuman 15 tahun penjara.

Vonis hukuman 15 tahun penjara tersebut diberikan setelah dinyatakan terlibat dalam pendanaan latihan teroris dan mendukung terorisme di Indonesia.

Kemudian pada tahun 2020 lalu, kondisi kesehatan sempat menurun dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Terpidana terorisme tersebut sempat dirawat pada 24 November 2020 hingga 10 Desember 2020 karena mengeluhkan sakit kepala dan mual.

Terpidana teroris ini juga menjalani perawatan intensif dengan pengawalan dari personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, Brimob Polda Jawa Barat dan pengawalan dari petugas Lapas Khusus Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Artikel ini telah tayang di  JPNN.com dengan judul :
“Abu Bakar Ba’asyir Segera Bebas, Polri Lakukan Ini Bersama dengan BNPT”.